Membina Karakter Siswa Melalui Penguatan Literasi, SMAN 8 Poco Ranaka Luncurkan Majalah Sekolah

Manggarai Timur, Lintasflores.com- Membina karakter anak dengan penguatan Literasi, SMAN 8 Poco Ranaka menerbitkan majalah SMART O8. Peluncuran majalah sekolah perdana itu dilaksanakan di halaman sekolah, diikuti oleh korwas SMA/SMK, para guru, pegawai dan semua siswa pada 27 oktober 2022 lalu.

SMAN 8 Poco Ranaka yang beralamat di Kampung Nul, Desa Poco Lia Kecamatan Lamba Leda Selatan itu merupakan salah satu sekolah penggerak di Manggarai Timur.

Kepala SMAN 8 Poco Ranaka, Hendrikus Jemi, S.Pd, kepada Lintasflores.com mengatakan, majalah SMART 08 adalah program sekolah yang bertujuan membina karakter siswa melalui penguatan literasi. Majalah ini dipersiapkan selama 15 hari. Berisikan konten yang berfokus pada objek wisata. Lebih tepatnya keunikan-keunikan kampung poco embu sebagai kampung tertua di Wilayah itu.

Siswa yang mengisi konten dalam majalah SMART O8 menurut kepsek Hendrikus merupakan siswa yang bergabung dalam komunitas Gemar Membaca di Sekolah itu. Sehingga proses seleksi tulisan siswa dampingan majalah ini tidak begitu susah.

SMART itu sendiri adalah Sarana menuangkan argumentasi dan Rasa. Kehadiran SMART 08 ini sebenarnya upaya meminimalisir penyalahgunaan media sosial oleh siswa. Langkah antisipatif ini dilakukan sekolah juga bertujuan menumbuhkembangkan minat dan bakat siswa dalam dunia menulis.

Ia menambahkan, majalah SMART 08 ini adalah tahap awal persiapan anak-anak untuk go literasi digital.

“Kita mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi tantangan masa depan. Hal ini tentu menuntut kita agar mempersiapkan generasi bangsa ini dengan baik. Salah satu dilakukan SMAN 8 Poco Ranaka adalah pembinaan Karakter melalui penguatan literasi. Majalah SMART O8 adalah aktualisasi dari program literasi itu sendiri”, jelas Kepsek yang kerap disapa Jemi itu

Lanjut Kepsek, sebagai tahapan awal merangsang minat anak untuk menulis, program majalah di sekolah asuhannya itu akan menjadi program rutinitas semester. Target besarnya, apabila program majalah ini berjalan dengan baik, sekolah akan menerbitkan buku kompilasi tulisan anak-anak.

Diketahui, program majalah di SMAN 8 Poco Ranaka itu didampingi oleh penulis buku, Kanisius Lina Bana. Pendampingan dilakukan selama 15 hari terhitung sejak tanggal 12 oktober hingga tanggal 27 oktober 2022. Konten mengisi majalah SMART O8 didominasi oleh anak-anak. Iren Antus

 
Kepala Puskesmas Mukun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *