Cegah Kasus Pelecahan Seksual, SMAN 3 Borong Gelar Seminar Pendidikan Seks

Borong, Lintasflores.com- Maraknya kasus pelecehan dan kekerasan seksual yang terjadi pada kaum remaja belakangan ini, SMAN 3 Borong Menggelar Seminar dengan tema Sex Eduaction For Teenager.

Seminar itu dihelat di Ruangan Lab IPA SMAN 3 Borong pada senin 7 November 2022. Adapun peserta seminar tersebut terdiri dari guru-guru bimbingan konsoling se-Manggarai Timur dan peserta didik SMAN 3 Borong. Sementara Pemateri adalah psikolog, Hani Kumala dan Pater Avent Saur, SVD, Penggagas KKI NTT. Turut hadir dalam kegiatan itu ketua MKKS SMA Manggarai Timur, Komunitas CIKO Manggarai Timur dan Komunitas KKI Manggarai Timur.

Dalam paparan materi, Hani Kumala, M.Psi, mengatakan pendidikan seks yang dihelat itu merupakan upaya untuk mencegah kekerasan seksual pada remaja.

Menurut Hani, kekerasan seksual pelakunya adalah orang-orang terdekat. Sehingga dalam memilih teman perlu ekstra hati-hati. Sebab Kata Hani, kasus kekerasan seksual setiap tahunnya meningkat. Melihat realita tersebut, pendidikan seks yang baik sangat diperlukan oleh remaja.

“Kekerasan seksual sering sekali terjadi. Jika tidak ingin jadi korban, maka jaga diri baik-baik. Tak hanya itu, perlu batasi pergaulan”, ungkap Hani

Hani Kumala juga menambahkan pelaku kekerasan seksual itu ada di sekitar kita. Perlu diingat, pelakunya adalah siapapun dan kapanpun akan terjadi. Sehingga harapannya, peserta Seminar khususnya laki-laki untuk menjadi laki-laki yang baik.

Sementara Kepala SMAN 3 Borong, Konstantinus Everson Rada, S.Psi usai kegiatan kepada media Lintasflores.com mengatakan, Pihaknya menginisiasi kegiatan itu termotivasi dari persoalan yang dihadapi anak yang putus sekolah karena hamil.

“Kasus anak putus sekolah karena korban seks bebas setiap tahun di beberapa sekolah dan termasuk sekolah asuhan saya sering terjadi. Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa kasus semacamnya terjadi karena kemiskinan pengetahuan tentang seks yang baik”, ungkap Sony

Lanjut Ia katakan, inisiatif menggelar seminar itu sebagai langkah pencegahan. Sekiranya dengan mendatangkan Tenaga kompeten oleh Civitas SMAN 3 Borong membawa dampak yang baik untuk siswa.

Sehingga harapan Sony, usai mendapatkan pengetahuan tentang seks yang baik, peserta menjadi garda terdepan untuk mengedukasi kaum remaja akan bahaya dari kekesan seks dan seks bebas.

 

 
Kepala Puskesmas Mukun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *